Selasa, 27 Desember 2016

Mini Sumoz (Aneka Varians Coklat, Mitbol, Mohito, Donuts Pizza)

Hari ini tim IT UMKM Bojonegoro mengunjungi usahanya salah satu pengurus UMKM Bojonegoro yang bernama mbak Resty yang beralamat di Jalan Letda Suraji gang Sakur Ledok Kulon Bojonegoro atau lebih tepatnya dari Gerdu Suto ke barat dikit (baca : Bojonegoro kota). Mbak Resty memiliki berbagai usaha di bidang Mamin (baca : makanan dan minuman) dengan brand Mini Sumoz. Mini Sumoz ini pada awalnya berdirinya sekitar tahun 2006 (tahun 2006 ini masih tahap trial and error kemudian setahun berikutnya baru eksekusi pasar) saat owner Mini Sumoz ini menimba ilmu Akuntansi di kampus negeri yang terkenal di Surabaya bersama teman-temannya. 


Ketika tim IT UMKM Bojonegoro menanyakan pengalamannya saat start up her business. Tiba-tiba mbak Resty tertawa sambil mengatakan, “Kalo ingat-ingat saat awal jualan itu lucu banget. Kenapa lucu? Karena sama orang tua, aku tidak diperbolehkan jualan, eh akunya pantang menyerah malah gelar tiker  jualan di trotoar masjid buat jualan produkku. Tidak itu saja waktu itu moment valentine setelah selesai jualan di trotoar aku tidak langsung pulang ke rumah tapi muter-muter pake sepeda until keliling alun-alun Bojonegoro sambil jualan coklat, keranjang di depan sepeda full bunga trus disuitin anak-anak muda yang lagi nongkrong tetapi anak-anak muda tidak berani beli 😂😂😂. Duhhhh pokoknya lucu banget nek ingat-ingat jaman dulu”

Penasaran dengan ownernya Mini Sumoz... Dibawah ini adalah profil owner Mini Sumoz yang ramah, baik, dan murah senyum.

Pada awalnya produk Mini Sumoz ini produk berupa olahan coklat. Coklatnya pun masih belum ada varians rasa seperti sekarang. Hal ini dikarenakan waktu itu kesibukan sebagai mahasiswa yang harus fokus dengan tugas-tugas kuliah, setelah wisuda kesibukan kerja di kantor juga menyita banyak waktu sehingga saat itu produksi coklat pas ada event saja, namun seiring berjalannya waktu, Mini Sumoz berinovasi dengan berbagai varians coklat, minuman Mo.Hi.To, Mitbol, aneka donut dengan varians toping yang unik dan menarik. Berikut adalah produk-produk Mini Sumoz

1. Coklat Kopi Mini Sumoz

Coklat Mini Sumoz ini merupakan produk pertama dari Mini Sumoz dengan produk andalannya coklat kopi.  Coklat kopi ini terbuat dari coklat pilihan yang kemudian diolah sedemikian rupa, ditaruh pada cetakan, kemudian dibekukan, dalam hal membekukan ini juga diperlukan trik karena jika kelamaan di bekukan maka coklatnya akan rusak, begitupun sebaliknya jadi tidak salah jika kualitas coklat Mini Sumoz ini terjamin karena riset yang dilakukan untuk menghasilkan produk coklat yang berkualitas sejak tahun 2006 dan selama setahun dalam proses trial and error.

 Mengapa disebut coklat kopi?. Tentu karena ada campuran kopinya, namun ada ciri khas dari produk Mini Sumoz ini dikarenakan kopi yang digunakan adalah biji kopi pilihan utuh didalam coklat. Maka tidak heran jika Bu Yoto (baca : istri Bupati Bojonegoro Kang Yoto suka sekali dengan coklat kopi Mini Sumoz). Coklat kopi tersedia dalam 2 jenis yaitu coklat kopi bar (baca : coklat kopi batangan dengan warna biru pada packgingnya) dan dalam wadah botol kaca dengan packging yang klasik namun eksklusif.

2. Coklat Mini Sumoz


Mbak Resty melakukan inovasi pada olahan produk coklatnya. Jadi tidak hanya menyediakan coklat kopi saja namun ada coklat pedas, coklat kurma, dan coklat crispy. Coklat pedas ini terbuat dari ini terbuat dari coklat pilihan yang kemudian diolah sedemikian rupa, ditaruh pada cetakan, kemudian dibekukan, dalam hal membekukan ini juga diperlukan trik karena jika kelamaan di bekukan maka coklatnya akan rusak, begitupun sebaliknya jadi tidak salah jika kualitas coklat Mini Sumoz ini terjamin karena riset yang dilakukan untuk menghasilkan produk coklat yang berkualitas sejak tahun 2006 dan selama setahun dalam proses trial and error. 

Mengapa disebut coklat pedas? Karena didalam coklatnya dicampurkan bubuk cabe sehingga ada rasa manis dan pedasnya. Rasa pedasnya baru terasa setelah coklatnya tertelan. Penasaran kan dengan coklat pedasnya? 😂😂😂 Coklat pedas ini memiliki ciri khas pada packgingnya warna merah.

 Coklat kurma dalam hal proses pembuatannya hampir sama dengan coklat kopi, dan coklat pedas, yang membedakannya ada kurma (bukan serbuk kurma yaaa tapi kurma asli yang dipotong kecil-kecil) didalam coklatnya. Coklat kurma ini memiliki ciri khas pada packgingnya warna hijau.

Coklat crispypun dalam proses pengolahannya mirip dengan coklat kopi, coklat pedas, coklat kurma, yang membedakannya ada potongan kecil-kecil kacang didalam coklatnya. Coklat crispy memiliki ciri khas pada packgingnya warna gold (baca : emas).

3. Mitbol


Mitbol merupakan makanan sejenis bakso namun baksonya ini di goreng. Ada varians rasa mitbol ada keju, jamur. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan pilihan sehingga cita rasanya pun terjaga dan bergizi. Cara membuatnya sama seperti membuat baksonya yang membedakan hanya isinya dan sebelum baksonya digoreng dibalut dengan tepung roti sehingga saat disajikan rasanya mitbol ada crispy-nya.

4. Mo.Hi.To


Mo.Hi.To merupakan minuman yang terbuat dari jeruk nipis, lemon, campuran soda, ada daun mint, irisan buah kiwi, dan buah anggur. Minuman Mo.Hi.To merupakan minuman antioksidan karena kita tahu jeruk nipis, lemon, dan buah kiwi merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling besar, vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak gampang sakit, begitupun dengan buah anggur yang sangat bagus buat tubuh, dengan kombinasi daun mint dan soda yang tentunya akan menyegarkan tubuh apabila dikonsumsi.

5. Donuts Pizza Mini Sumoz


Donuts Pizza Mini sumoz merupakan makanan dengan varians toping ada yang lucu-lucu. Donuts Pizza Mini sumoz ini cocok dijadikan surprise untuk acara ulang tahun karena memang rasanya yang enak, dan varians topingnya bisa disesuaikan dengan keinginan customer.

Tim IT UMKM Bojonegoro pun penasaran dengan arti Mini Sumoz yang menjadi brand produk mbak Resty dan menanyakan makna filosofi dari Mini Sumoz . 

Berikut penuturan mbak Resty,
“ Mini maksudnya usaha yang berawal dari nol, dan dimulai dari yang kecil kemudian dibarengi dengan perjuangan ekstra “SUMO” (salah satu olahraga yang terkenal di Jepang yang memiliki ciri khas orangnya besar dan kuat) dan huruf Z dibelakangnya sebagai pengganti 'es' yang berarti jamak. Harapannya usahanya yang dirintis dari bawah ini dengan perjuangan yang besar  dan dengan banyak kekuatan (ulet, kreatif, inovatif) akan menjadi usaha yang besar, berkah, dikenal, dan disuka orang-orang".

Untuk pemasarannya masih sistem PO (baca : pre order) by sosmed seperti BBM, FB, IG, hal ini dikarenakan mulai dari proses kulakan, pengolahan, packging, design, distribusi masih ditangani sendiri. Tidak hanya itu saja, gadis yang berhidung mancung ini juga aktif dalam setiap kegiatan bazar yang ada di kota Bojonegoro, maupun di luar Bojonegoro dengan tujuan supaya produk Mini Sumoz ini banyak dikenal. Hal ini pun berdampak positif dengan banyaknya tawaran kerja sama misalnya dari CTH (Corporate Trading House), Hotel Yusro Jombang, toko oleh-oleh Pacet, Pusat oleh-oleh Batu Malang, tempat wisata atas angin, Agroguna pusat oleh-oleh Bojonegoro. 
Saat Tim IT UMKM Bojonegoro menanyakan apakah tawaran kerja sama itu diterima, berikut jawaban gadis ramah owner Mini Sumoz, 

“ Sebenarnya pingin banget dan happy banget ketika mendapat penawaran kerja sama dari mereka namun banyak sekali kendalanya terutama SDA (baca : pegawai). Saat ini jujur saja mulai dari pemilihan bahan, pengolahan sampai jadi, design produk, marketing, sampai DO (baca: Delivery Order) itu aku sendiri yang pegang, belum menemukan SDA yang cocok karena aku sangat menjaga kualitas produk, kepercayaan konsumen itu benar-benar berarti buat aku, dan itu salah satu alasan mengapa Mini Sumoz mampu bertahan sampai sekarang, rasanya senang sekali ketika melihat pelanggan senang, apalagi sampai excited pas cerita produk Mini Sumoz. Hal ini bisa terjadi karena pelanggan tahu  jika produk Mini Sumoz dibuat dengan penuh cinta dan dedikasi penuh eaaaaa eaaa” kata mbak Resty sambil tertawa.

NB : Yang menjadi keunggulan produk Mini Sumoz selain rasanya enak, terbuat dari bahan-bahan pilihan, namun pada packgingnya sangat bagus, kelihatan eksklusif. 

Nah bagi teman-teman yang penasaran dengan produk Mini sumoz bisa check di Instagram @MiniSumoz , Facebook Mini Sumoz, dan Fanspage Mini Sumoz


EmoticonEmoticon