Minggu, 11 Desember 2016

Opak Gadung dari Blitar

Blitar adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Perjalanan untuk menuju kesini sekitar 4-5 jam dari Bojonegoro menggunakan kendaraan pribadi.

Gadung adalah salah satu jenis umbi yang banyak ditemui di Blitar. Namun, sebagian orang masih takut untuk mengonsumsinya karena umbi ini mengandung HCN yang tinggi. Jika tidak diolah secara benar dapat menyebabkan keracunan. Salah satu produk olahan gading yang biasa dijumpai di Blitar adalah opak gadung. Opak gadung adalah opak yang dibuat dari umbi gadung. Opak adalah bahasa daerah Blitar untuk menyebut makanan seperti kerupuk atau keripik. Nah, salah satu makanan favorit saya adalah opak gadung.

Berikut cara membuat opak gadung :
1. Umbi gadung dikupas dan diiris tipis-tipis, hati-hati agar tidak terkena getah, karena bisa menyebabkan gatal di kulit.
2. Irisan gadung di balut dengan abu gosok, kemudian ditumpuk di keranjang dan ditimpa dengan batu agar getahnya keluar, biarkan selama satu hari.
3. Irisan gadung yang sudah dikeluarkan getahnya dijemur sampai kering. Setelah itu dicuci sampai bersih lalu direndam dalam air selama 3 hari. Air diganti sehari dua kali selama masa perendaman.
4. Setelah 3 hari gadung dicuci sampai bersih kemudian direbus. Lalu dijemur hingga kering.
5. Gadung yang sudah kering bisa dijual sebagai opak gadung mentah, atau bisa juga digoreng untuk langsung bisa dinikmati.

Selamat menikmati, dijamin tidak menyebabkan keracunan.

seorang perempuan biasa yang selalu ingin menjadi lebih baik dengan terus belajar, salah satunya dengan mempunyai web. Sehingga saya bisa belajar menulis, dan belajar konsisten dalam menulis yang bisa berdampak pada hal lain. Selamat belajar


EmoticonEmoticon