Peluang Bisnis Modal Kecil

Desember 16, 2016

Peluang Bisnis Terbaik Untuk Sukses


Peluang Bisnis

Bicara bisnis atau wirausaha pastinya banyak orang yang ingin mempunyai usaha yang sukses dan bisa dijadikan sumber penghasilan kita. Peluang bisnis ataupun usaha tersebut sebenarnya sudah ada disekitar kita, Cuma kadang kita kurang jeli melihat potensi usaha tersebut dan kadang justru cenderung pesimis duluan. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa kita jadikan referensi, sapa tau dari referensi tersebut bisa sebagai pemicu munculnya ide-ide brilian dari para pelaku usaha baru.

Peluang Usaha Baru dan Peluang Bisnis Rumahan

Beberapa peluang usaha baru dan bisnis rumahan yang menjadi trend saat ini diantaranya adalah membuka usaha dibidang jasa, pertanian perkebunan dan kuliner. Ada beberapa alasan kenapa pilihan usaha didominasi usaha dibidang jasa? Karena usaha atau bisnis di bidang jasa tersebut dari segi permodalan dan tingkat kerugian bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu pangsa pasar usaha dibidang jasa masih sangat luas, apalagi saat ini masyarakat cenderung memilih cara yang instan, tidak ribet dan cepat untuk mendapatkan barang atau jasa tersebut. Beberapa peluang usaha yang bisa dijadikan alternative usaha adalah sebagai berikut :

Membuka usaha Les Private / kursus

Yup.. les private memang dalam beberapa tahun terakhir memang menjadi primadona dibandingkan dengan beberapa tahun lampau. Bahkan masih saya ingat waktu saya masih sekolah dulu tepatnya 15 tahun lampau sudah bermunculan lembaga bimbingan belajar yang dikenal bonafit dan berkompeten. Seiiring dengan banyak bermunculannya lembaga-lembaga bimbingan belajar yang baru dan menawarkan berbagai program bimbingan,  trend bimbingan belajar tersebut pelan-pelan mulai bergeser ke Les Private / Kursus Private yang lebih mengedepankan kualitas dan pendampingan yang lebih intens. Dengan jumlah pertemuan dalam 1 bulan yang lebih flexsibel dan tenaga yang sama-sama berkompeten maka tidak heran jika beberapa tahun kedepan akan ada banyak sekali yang menggarap peluang jasa Les Private / Kursus Private tersebut.

Membuka usaha Jasa Jahit / Tailor

Jasa Jahit / Tailor ?? Betul sekali.. saat ini kita tidak bisa menutup mata bahwa sedikit sekali yang mau menekuni bisnis ini. Jangan disamakan antara penjahit konveksi dengan penjahit professional /Tailor .. Walaupun sama-sama berprofesi sebagai penjahit tetapi ternyata terdapat perbedaan orientasi. Untuk penjahit konveksi orientasi lebih condong kepada jumlah kuantitas yang dihasilkan, semakin banyak jumlah produksi jahitan yang selesai dikerjakan maka semakin banyak pula pendapatan yang didapatkan. Hal tersebut berkebalikan dengan penjahit professional / tailor yang berorientasi pada hasil kualitas jahitan. Jahitan yang nyaman dan enak dipakai serta kombinasi bahan yang pas merupakan tujuan akhir para penjahit professional / tailor tersebut. Tidak heran jika ongkos penjahit ini lebih tinggi dibandingkan dengan penjahit konveksi. Sedikitnya jumlah para penjahit professional yang berkualitas inilah yang bisa kita lirik sebagai sebuah peluang usaha. Dilengkapi dengan skill mumpuni, pelayanan kepada pelanggan yang memuaskan dijamin usaha ini pasti akan sukses.

Peluang Usaha Makanan

Peluang usaha dibidang makanan dan kuliner merupakan sebuah peluang usaha yang digarap mayoritas para wirausahawan saat ini. Persaingan dibidang usaha makanan dan kuliner ini sangatlah tinggi, hal tersebut dikarenakan jumlah pengusaha yang terjun dibidang ini juga sangatlah banyak dan sangat bervarian. sehingga para pelaku usaha dituntut untuk kreatif dan tidak berhenti berinovasi, tidak heran jika usaha dibidang ini melahirkan ide-ide aneh, ekstrim dan brilian yang diharapkan dari ide-ide tersebut bisa mendatangkan booming konsumen.

Peluang Usaha Budidaya

Sektor yang mungkin bisa dilirik adalah sektor budidaya seperti budidaya tanaman organik, budidaya jamur, budidaya varietas tanaman unggulan seperti pepaya California dan lain-lain. Beberapa anggota UMKM Bojonegoro yang sudah menekuni beberapa usaha budidaya ini sudah merasakan manisnya hasil usaha mandiri tersebut. Merintis usaha budidaya tersebut memang tidak bisa instan, tetapi dengan manajemen, kerja keras dan semangat yang pantang menyerah  dan pengelolaan yang bagus  maka pasti hasilnya juga akan seperti yang kita inginkan. Berikut ini adalah beberapa profil anggota UMKM Bojonegoro yang boleh dibilang sukses menekuni usaha budidaya.

  • Budidaya Jamur oleh Bapak Ahmad Asyhar : Kerja keras dan ketekunan yang luar biasa membuat usaha budidaya jamur tiram milik bapak Ahmad Asyhar ini bisa bertahan sampai dengan sekarang. Disamping mempunyai lahan untuk budidaya jamur tiram, beliau juga menerima pesanan media untuk penanaman jamur tiram berupa log dan siap mengirimkan dengan jumlah order tertentu.

Budidaya jamur tiram
  • Budidaya Hidroponik Oleh Ibu Fitrohtuz Zahro : Melihat hasil panen sayur dan buah yang ditanam dengan metode hidroponik ini sangatlah menyenangkan hati, selain segar dan bebas pestisida, sayuran dan buah-buahan hasil pertanian hidroponik ini diminati banyak orang. Pangsa pasar sayur dan buah hasil pertanian hidroponik ini mempunyai segmen pasar tersendiri dan cenderung fanatik sehingga jangan heran jika usaha ini menyimpan potensi yang luar biasa kedepan.
    Budidaya Sayur Buah Hidroponik
  • Budidaya Pepaya California oleh Bapak Ahmad Yusuf : Dengan bermodalkan sebidang tanah, kerja keras dan ketekunan , salah satu anggota UMKM Bojonegoro ini  sukses berkebun Pepaya yang dikenal dengan jenis pepaya California. Rasa buah yang khas dan agak berbeda dengan pepaya lokal ini membuat buah ini sangat diminati oleh masyarakat. Jadi jangan heran jika hanya dengan berkebun papaya bisa meraup omset yang lumayan.
Kebun Pepaya California
Semoga dari artikel tentang peluang usaha diatas bisa membuat kita bersemangat berwirausaha. Jangan lupa Kerja keras, ketekunan, pantang menyerah serta jangan lupa berdoa adalah kunci sukses berwira usaha. Selamat mencoba dan salam sukses



Produk Lainnya

Tarif Pajak

TarifPajak.com -

Situs Jual Beli Online Terbesar di Bojonegoro, Jual mobil, motor bekas perumahan tanah sampai batik bojonegoro.