Perumusan Usaha Koperasi

Februari 19, 2017

ASOSIASI UMKM Bojonegoro merupakan sebuah perkumpulan pengusaha dengan skala mikro kecil dan menengah dengan berbagai bidang usaha yang majemuk. Diantaranya ada usaha catering, produksi makanan dan minuman, industri kerajinan, perikanan, peternakan, jasa, bahkan marketing.

Berangkat dari kemajemukan inilah Asosiasi UMKM Bojonegoro bertekad bersatu untuk bersama-sama berkembang. Meskipun berbasis bidang yang tak sama, justru inilah manfaat yang bisa di maksimalkan, yaitu dengan adanya sinergi antar anggota.

Analisis beberapa pakar ekonomi menyatakan bahwa problem utama UMKM pada dasarnya ada dua hal yaitu permodalan dan pemasaran. Permodalan diperlukan untuk pengembangan usaha, bisa berupa modal alat dan juga finansial. Tapi biasanya UMKM mengalami kesulitan untuk pengajuan modal ini , apalagi bagi mereka yang baru merintis usaha, karna biasanya pihak bank mempunya standar waktu minimal berjalannya sebuah usaha.

Selain permasalahan modal di atas, masalah lain yaitu pemasaran. Bisa jadi karna keterbatasan informasi dan jaringan, bisa juga karna tidak ada keberanian untuk memasarkan prodak mereka sendiri. Cara-cara lama yang lazim masih dikerjakan seperti menitipkan barang dengan sistem konsinyasi, merupakan cara pemasaran yang masih banyak dilakukan para UMKM.

Untuk itu, Supaya UMKM bisa mengatasi masalah ini perlu di adakan sebuah kerjasama , dan sistem yang tepat , dimana sistem ini bisa menyelaraskan keinginan para pelaku UMKM sehingga tercapailah target yang dikerjakan secara bersama.

Apa saja kebersamaan yang bisa di lakukan untuk pencapaian target tersebut? Ada 3 faktor yang harus dilaksanakan , yaitu ?
- join managementnya
- join Buying
- join promosi.
Untuk itu, faktor-faktor di atas bisa dijalankan kan dalam sebuah koperasi.

Beruntung Asosiasi UMKM Bojonegoro sudah membentuk koperasi, yang kini sedang disiapkan untuk mengelola beberapa bidang usaha sebagai basis jalannya koperasi tersebut. Untuk itu pada hari ini diselenggarakan pertemuan anggota yang diantaranya membahas tentang lokasi dan bidang usaha yang dikelola.

Bertempat di salah satu kafe di jantung kota, pengurus mengadakan rapat dengan anggota membahas sewa lokasi dan juga blu print koperasi. Tempat pertemuan ini juga merupakan satu di antara tempat pilihan. Letaknya cukup Strategis karna dekat dengan pusat pendidikan , RSU, swalayan dan juga pasar.

Setelah melewati diskusi panjang , ada masukan , sanggahan ,ide dan tantangan dari para anggota, akhirnya di ambil beberapa kesepakatan, diantaranya adalah pengelolaan beberapa bidang usaha yang akan di manajerial olah M. Farid , dan nantinya akan membentuk tim penanggung jawab masing-masing divisi .

Niat dan optimisme yang maksimal telah menjadi modal utama untuk segera gerak cepat. Beberapa planing sudah disusun dan siap dikerjakan. Semoga koperasi ini bisa menjadi wadah yang benar-benar bisa dirasakan manfaatnya untuk Asosiasi UMKM Bojonegoro , dan anggota koperasi kususnya. (NES/red)






Produk Lainnya

Tarif Pajak

TarifPajak.com -

Situs Jual Beli Online Terbesar di Bojonegoro, Jual mobil, motor bekas perumahan tanah sampai batik bojonegoro.