Keripik Singkong Tembus Pasar Malaysia

April 22, 2017




Nasib orang memang tiada yang tau. Manusia hanya sekedar berencana. Dan ketika berusaha , di tuntut sebuah keikhlasan dan kesabaran. Bagi wirausaha sendiri, sifat tekun, ulet , dan pantang menyerah menjadi sebuah keharusan .

Sifat-sifat inilah yang menghantarkan sukses seorang Fendi pengusaha asal Medan yang sudah mengekspor keripik singkong ke Malaysia. Sebuah kesuksesan yang datang tanpa di nyana sebelumnya.

Berawal dari 14 tahu silam ketika dirinya terjun di dunia usaha. Melihat potensi singkong yang ada di daerahnya, Fendi memproduksi keripik singkong dalam skala home industri. Produksi saat itu masih dia kelola hanya berdua dengan istrinya.

Proses produksi juga masih menggunakan alat-alat sederhana seperti kebanyakan. Tapi untuk bahan baku dipilih singkong yang berkualitas. Yaitu yang mempunyai diameter 5 cm, warna putih dan matal.

Pemasaran yang dilakukan pun sangat sederhana. Keripik singkong yang dikemas kecil di titipkan ke toko-toko di sekitar rumah. Terkadang juga ada yang pesan langsung kiloan untuk sebuah acara, meski tidak tiap hari.

Hingga suatu saat tetangganya tersebut pesan 5 bungkus untuk oleh-oleh saudaranya yang ada di Malaysia. Karna atas permintaan saudaranya sendiri ingin dibawakan oleh-oleh yang tidak seperti biasanya seperti kue , Snack atau buah .


Inilah awal kesuksesan yang tak di sangka itu. Rupanya saudara dari tetangganya itu sangat suka dengan kripik singkong buatan pak Fendi. Rasanya yang pas, renyah dan bentuknya yang rapi, sangat cocok sekali untuk cemilan sehari-hari. Sehingga orang tersebut sangat berminat dan minta dikirim beberapa peace.

Dari bulan ke bulan permintaan keripik singkong terus meningkat, dan pak Fendi sudah melakukan ekspor sendiri. Hingga kini, sedikitnya sebanyak 300 kilo keripik singkong dikirim ke Malaysia. Untuk itu dirinya menambah jumlah karyawan , mesin, bahan baku dan juga mobil pick up sebagai sarana penunjang.

Kini pak Fendi sudah memiliki gudang untuk stock keripik singkongnya. Karna di waktu-waktu tertentu penjualan bisa meningkat dari hari biasa. Dengan adanya gudang penyimpanan ini, diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar tanpa harus menunggu produksi dari  Indonesia.(NES/red)



Produk Lainnya

Tarif Pajak

TarifPajak.com -

Situs Jual Beli Online Terbesar di Bojonegoro, Jual mobil, motor bekas perumahan tanah sampai batik bojonegoro.