Selasa, 19 September 2017

Penuhi legalitas Anggota, Asosiasi UMKM Bojonegoro Fasilitasi Pengurusan PIRT




Di Bojonegoro semakin banyak bermunculan wirausaha baru, salah satunya di bidang makanan dan minuman. Ada berbagai produk yang diproduksi seperti jus, minuman segar, aneka keripik, aneka kue, dan juga olahan dari buah dan biji dalam bentuk serbuk. Aneka prodak tersebut bisa kita jumpai di warung-warung, toko dan juga banyak beredar secara online.

Tapi sepertinya banyak masyarakat yang belum tau bahwa prodak yang baik harus dilengkapi dengan legalitas usaha. Untuk sektor makanan dan minuman sendiri minimal harus mempunyai ijin PIRT ( Produk Industri Rumah Tangga ). Ijin PIRT merupakan kelengkapan legalitas dasar yang seyogyanya dimiliki oleh para produsen makanan dan minuman. Dalam PIRT tersebut akan memuat nomor ijin yang nantinya bisa dicantumkan dalam kemasan.

Dalam anggota Asosiasi UMKM Bojonegoro sendiri ada beberapa produsen makanan dan minuman yang baru start up. Mereka belum memenuhi prodaknya dengan legalitas usaha. Seperti di jelaskan di atas, untuk makanan dan minuman legalitas usaha minimal adalah PIRT. Ini jelas merupakan kekurangan yang harus segera di penuhi. Ternyata kendala yang dihadapi mereka antara lain belum tau informasi tentang pengurusan legalitas tersebut dan jarak rumah merek yang di pelosok sehingga membuatnya malas untuk mengurus ijin.

Padahal pengurusan ini bermanfaat besar bagi produsen sendiri. Diantaranya adalah konsumen akan lebih mempercayai keamanan sebuah prodak. Dengan adanya PIRT, maka konsumen tidak was-was karena sudah ada legalitas yang tentunya melalui proses verifikasi dan uji lab oleh dinas terkait. Maka konsumen bisa memastikan tanggal kadaluarsa, komposisi, tempat produksi dan merk dari produksi itu sendiri.

Untuk itu Asosiasi UMKM Bojonegoro membantu para anggota yang ingin melengkapi legalitas usahanya tersebut melalui fasilitasi pengurusan ijin PIRT secara kolektif . Anggota tinggal menyerahkan persyaratan yang diperlukan , selanjutnya mereka tinggal menunggu informasi dari Dinas kesehatan. Selain untuk mendorong semangat produktivitas, program ini juga bertujuan untuk menaikkan mutu dan standar kelayakan prodak anggota kususnya di bidang makanan dan minuman .

(NES/red)


Related Posts

Penuhi legalitas Anggota, Asosiasi UMKM Bojonegoro Fasilitasi Pengurusan PIRT
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.