Minggu, 24 Desember 2017

Inkubator Bisnis Solusi Pengembangan Usaha

Pengembangan Usaha Berbasis Inkubator


Apa itu Inkubator Bisnis


Mungkin di antara kita seri g mendengar apa itu Inkubator Bisnis. Banyak yang menyarankan pelaku UMKM mengikuti program ini. Lalu apa sebenarnya pengertian dari Inkubator Bisnis itu sendiri ? Dan mengapa pelaku UMKM sangat disarankan untuk mengikuti program ini.

Dalam Inkubator Bisnis ada beberapa istilah yang terlebih dahulu perlu kita pahami. Di antaranya adalah inkubator, inkubasi, teman-teman, dll. Menurut aturan dari Menteri Negara Koperasi dan UKM NI. 81.3/Kep/M.KUKM/VIIU/2002, pengertian inkubasi adalah proses pembinaan bagi usaha kecil dan atau pengembangan produk baru yang di lakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha, dan dukungan manajemen serta teknologi.

Sedang pengertian inkubasi adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha , baik manajemen maupun teknologi bagi usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau prodak baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Dari penjelasan pengertian di atas dapat kita pahami bahwa inkubator bisnis merupakan suatu lembaga yang telah di desain sedemikian rupa untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis pelaku UMKM. Dalam proses selanjutnya inkubator ini melalui beberapa program baik yang dilakukan pemerintah maupun swasta. 



Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Inkubator Bisnis

Para pakar ekonomi percaya bahwa inkubator merupakan salah satu wahana efektif dalam menumbuhkan kembangkan wirausaha baru berbasis teknologi. Dalam penyelenggaraan kegiatannya, inkubator menjalankan fungsi intermediasi sekaligus melakukan penguatan terhadap tenant/calon wirausaha baru dan produk/jasa inovatif yang akan dikembangkan melalui penyediaan tempat sebagai sarana pengembangan usaha, akses permodalan, pelatihan, pendampingan, dan bimbingan kewirausahaan. 

Referensi lainnya menjelaskan bahwa inkubator merupakan media pengembangan ide-ide yang di dasarkan pada pengetahuan baru, metode-metode dan produk yang di kembangkan. Dari berbagai informasi yang di dapat , disampaikan bahwa perkembangan inkubator di beberapa negara seperti Malaysia, Shanghai, Vietnam, Peru, Korea dan Eropa dikelompokkan menjadi :

1. Model inkubator berorientasi pada peningkatan SKIL/ketrampilan

2. Model inkubator yang berorientasi pada jaringan sistem inovasi

3. Inkubator yang berorientasi pada jaringan ekspor

Dalam berbagai forum diskusi terungkap bahwa perkembangan inkubator bisnis di Indonesia memang masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga yang di sebut di atas. Kebanyakan  inkubator bisnis di Indonesia masih berorientasi pendampingan. Kelemahan lain adalah fasilitas yang dimiliki belum memadai dan kapasitas para pengelolanya masih perlu terus ditingkatkan kualifikasinya melalui serangkaian pembinaan.

Semoga ini mendapat perhatian serius dari pemerintah. Sehingga inkubator bisnis di Indonesia dapat ditingkatkan sehingga manfaat nya pun bisa dirasakan oleh pelaku usaha. Jika usaha yang dijalankan masyarakat ini berkembang pesat maka ekonomi negara juga akan mengalami perkembangan. Dan dengan begitu ini juga merupakan keuntungan bagi pemerintah.
(NES/red)





EmoticonEmoticon