Sabtu, 02 Desember 2017

Pengertian Online Shop, Marketplace dan E-commerce



Sudah jadi trend saat ini berbelanja online untuk segala macam kebutuhan hidup. Mulai dari perlengkapan fashion, make up, alat rumah tangga, alat sekolah, alat kantor, bahkan makanan dan minuman. Tentu saja ini jadi peluang usaha yang menjanjikan bagi pelaku online Shop. Tapi tidak semua tempat belanja itu bisa di sebut online Shop, bahkan ada yang di sebut market Place dan e-commerce. Ok, untuk itu yuk kita ikuti beberapa penjelasanya.


Pengertian Online-shop

Online Shop atau yang di sebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait prodak kepada penjual secara langsung , melalui WA, BBM, FB, dan LINE.


Pengertian Marketplace

Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangannya saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara langsung. Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan bagi para penjual untuk menjual prodaknya. Setiap produk yang di jual akan diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya sehingga pembeli bisa langsung mengklik tombol "beli" kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum.


Pengertian E-commerce

E-commerce ini hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang di inginkan., Kemudian mgklik tombol "beli" dan dan melakukan transfer. Bedanya adalah, pada E-commerce barang ataupun prodak yang di jual berasal dari website itu sendiri. Ia tidak membuka lahan bagi penjual lain untuk menjual prodaknya. Tidak ada tawar-menawar dan harga yang diberikan adalah harga pas.

Nah, sobat UMKM Bojonegoro , kini bisa tau apa perbedaan dari online Shop, marketplace dan juga E-commerce. Tentunya sekarang kita juga bisa menentukan pilihan, akan memasarkan prodak kita dimana. Pilih yang sesuai dan prospek untuk prodak yang kita produksi. Siap untuk jadi UMKM Go-online, Salam sukses ( NES/red )


EmoticonEmoticon