Senin, 15 Januari 2018

Pertemuan Rutin Jadi Sarana Edukasi

Edukasi Dalam Pemasaran


Mencari Pangsa Pasar Melalui Marketplace


Bulan Januari ini merupakan pertemuan perdana bagi anggota Asosiasi UMKM Bojonegoro di tahun 2018. Seperti biasa , pertemuan ini digelar pada setiap tanggal 15 setiap bulannya. Momio Kafe menjadi pilihan untuk menyelenggarakan pertemuan rutin kali ini.

Selain pertemuan, pengurus juga menginfokan beberapa progres yang akan dilaksanakan pada bulan ini. Antara lain akan mengaktifkan kembali profil anggota yang di muat di webnya Asosiasi UMKM Bojonegoro yaitu www.umkmbojonegoro.com . 

Selain itu agenda arisan juga menambah semangat Anggota untuk datang. Bahkan beberapa anggota yang lama vakum, terlihat hadir ditengah pertemuan. Banyak sharing yang bermanfaat dan ini menambah wawasan bagi anggota yang lain.

Jika pada Minggu lalu , Asosiasi UMKM Bojonegoro telah menggelar workshop yang berorientasii pemasaran juga , dengan mendatangkan e-commerce besar seperti Alibaba dan akses permodalan melalui salah satu perbankan. Tak lain tujuannya adalah edukasi anggota mengenai pemasaran. Maka pada pertemuan kali ini Asosiasi UMKM Bojonegoro juga mengundang pihak ketiga untuk presentasi sebuah aplikasi pemasaran.


 Melalui edukasi in diharapkan bisa menambah wawasan dan memperluas pemasaran anggota dengan sasaran tepat, terutama menguasai market lokal. Karna bagaimana pun tidak bisa di sanggah, bahwa market lokal merupakan fondasi awal untuk membangun jaringan market itu sendiri

Istimewanya, aplikasi ini dibuat oleh anak daerah sendiri. Agra, sosok muda ini begitu inovatif dalam menciptakan sebuah aplikasi yang bertujuan mengangkat potensi lokal. Meski secara inti mengangkat dan melayani pemasaran lokal, tapi untuk prodak tertentu seperti fashion dan kerajinan, aplikasi ini bisa melayani permintaan buyer sampai luar kota melalui ekspedisi.

Di Marketplace tersebut menawarkan banyak kemudahan,, di antaranya produsen atau penjual tinggal dihubungi admin terkait permintaan buyer. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan, sehingga produsen utamanya bisa lebih fokus di bagian produksi.

Di akhir pertemuan, ditegaskan lagi oleh ketua Asosiasi UMKM Bojonegoro, bahwa dalam pertemuan rutin ini tidak sekedar silaturahim, tapi juga bisa menjadi ajang edukasi dan sharing sesama anggota , sehingga kualitas SDM sebagai pengusaha akan terus terupgrade. Tujuannya antaralain, UMKM Bojonegoro bisa bersaing bukan hanya di pasar lokal, dan Nasional, tapi juga di pasar Internasional. ( NES/red)




EmoticonEmoticon