Sabtu, 23 Juni 2018

Presiden Jokowi Resmikan Penurunan PPh Final 0,5%

Tarif Pajak UMKM Terbaru Disahkan

Tarif Pajak UMKM Terbaru Disahkan

Surabaya, 22 Juni 2018. Pemerintah menurunkan PPh final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5 % disambut gembira oleh para pelaku UMKM di gedung JX Internasional ( Jatim Expo ), Surabaya, Jawa Timur. Penurunan PPh Final 0,5% ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi

Penurunan pajak ini dilakukan setelah melalui revisi Peraturan pemerintah ( PP ) No 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan dari Usaha yang di terima atau di peroleh Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu. Berdasarkan PP No. 46 Tahun 2013 ini, pelaku UMKM dikenai PPh final sebesar 1%.

PPh Final 0,5% diberikan kepada Wajib Pajak orang pribadi, wajib pajak badan berbentuk koperasi , persekutuan komanditer, firma , atau perseroan terbatas yang memiliki omzet tidak melebihi Rp 4,8 miliar dalam satu tahun.

Ketentuan mengenai tenggang waktu bagi wajib pajak perorangan adalah tujuh tahun, bagi wajib pajak badan tertentu ( koperasi, CV , Firma ) adalah empat tahun, dan bagi perseroan terbatas ( PT ) adalah tiga tahun.


Selanjutnya , wajib pajak UMKM baik orang pribadi maupun badan yang melebihi sunset Clause harus mengacu kembali pada ketentuan dalam UU Nomor 36 Tahun 2008 tentang pajak penghasilan ( PPh ) dan menggunakan norma perhitungan penghasilan netto atau pembayaran PPh secara normal.

Presiden Jokowi berharap, dengan adanya penurunan PPh final 0,5 % ini bisa mendorong UMKM naik kelas. " Karna saya dulu juga mengawali usaha dari kelas mikro. Sehingga saya bisa rasakan keberatan para pelaku UMKM " katanya pada saat memberi sambutan.

Kebijakan penurunan PPh 0,5% ini akan berlaku mulai 1 Juli 2018. Diharapkan dengan beban pajak yang berkurang maka pelaku UMKM memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengembangkan usahanya dan melakukan investasi.( Red/NES )


EmoticonEmoticon