Minggu, 24 Juni 2018

Tips Sukses Usaha dan Tidak Bangkrut

KENAPA ada USAHA Bangkrut?


Hal Apa Yang Harus Diperhatikan Ketika Memulai Usaha?

Pahami agar tidak terjadi pada usaha bisnis anda...

Bangkrut bisa terjadi pada siapa saja, apakah saya pernah? Dulu sering hehee.... Sekarang setelah tau ilmunya ga boleh lagii

Bisa terjadi pada siapa saja, Usaha menjadi bangkrut itu bukan karena ME-RUGI, tapi karena kehabisan CASH. Itulah yang membuat bisnis tutup.

Contoh Memanage Keuangan Usaha

Coba perhatikan, Secara sederhana, bisnis yang kita lakukan hanya seputar merubah Cash, kembali menjadi Cash. Jika anda memili uang modal usaha Rp 10.000 lalu anda belikan bahan baku untuk membuat sesuatu, lalu anda jual dan dapatkan uang Rp 15.000 dimana laba kotor anda Rp 5.000 itulah bisnis secara sederhana. Permasalahan kita adalah, BERAPA LAMA waktu yang kita butuhkan, untuk merubah uang Rp 10.000 hingga menjadi Rp 15.000

Semakin cepat waktu yang diperlukan untuk merubah Rp10.000 menjadi Rp 15.000 maka semakin baik bisnis anda. Permasalahan bisnis dewasa ini adalah LAMA nya waktu yang dibutuhkan untuk merubah Cash to Cash diatas tadi.

Saya beri contoh, jika anda memiliki usaha jual beli atau perdagangan. Cash modal 10.000 yang anda punya digunakan untuk membeli barang dagangan, anda merubah cash menjadi Stok dan mengendap selama 30hari, lalu kemudian stok itu berhasil anda jual dengan memberikan tempo 40 hari kepada pembeli. Dan setelah 40 hari sejak transaksi penjualan, baru anda mendapatkan uang. Ini berarti CASH GAP yang dimiliki bisnis anda adalah sebesar :Stok 30 hari + piutang 40hari = 70hari.

Lamanya waktu Cash to Cash ini menyebabkan masalah keuangan bagi bisnis kita, salah satunya adalah Out of Cash, atau kehabisan Cash. Ini adalah hal yang gawat, karena cash adalah darah bagi bisnis yang harus terus mengalir agar organ organ yang lain tetap dapat bekerja.

Solusi Jitu Memanage Keuangan Usaha

Untuk Mengatasi masalah CASH GAP yang lama, sebagian pebisnis mencari jalalan keluar instan, dengan meminjam uang ke bank, atau ke pihak lain, agar bisa tetap menjalankan bisnisnya, agar karyawannya tetap bisa di bayar, agar tagihan tagihannya bisa dilunasi.

Itu salah satu cara mengatasi masalah lamanya CASH GAP anda, namun cara ini bukanlah solusi yang terbaik. Meminjam uang untuk 'mengaliri' bisnis anda membuat bisnis anda harus menanggung cost of capital, biaya biaya yang timbul dari pinjaman tadi dan Jika anda terus melakukan cara ini maka bukan tidak mungkin, biaya biaya yang timbul dari pinjaman ini akan melilit leher anda dan akhirnya,alih alih bermaksud agar darah bisnis anda terus bisa mengalir, yang terjadi malah bisnis anda mati akibat tercekik biaya yang membuat tak bisa bernafas.

Solusi yang paling baik untuk mengatasi masalah kekurangan kas akibat perputarannya cash to cash yang lambat adalah dengan MEMPERBAIKI PENJUALAN anda. Memperoleh cash in dari operasi ini adalah pemecahan dari masalah CASH GAP yang terbaik. Perbaiki penjualan anda, tingkatkan omset, caritahu apa yang harus dilakukan supaya penjualan anda bisa banyak, agar stok anda tidak berhenti terlalu lama.

Itulah mengapa orang mengatakan bahwa marketing adalah ujung tombak dari bisnis, karena marketing mendatangkan uang. Bukan berarti bahwa kualitas produk atau hal lain tidak penting, semuanya penting. Namun yang lebin penting adalah anda tahu apa yang harus anda lakukan agar bisnis anda bertumbuh.

Kalau anda tidak jago Marketing, siap siap usaha anda akan bangkrut. Jangan !

pajak

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon